31.7 C
Jakarta
Saturday, 3 December 2022

Solusi Managerial UMKM

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada beberapa masalah yang kerap kali dihadapi oleh para pelaku UMKM di Indonesia. Apabila terus dibiarkan maka hal ini dapat menghambat pertumbuhan usaha dan menyebabkan para UMKM sulit untuk bersaing, bahkan dampak terburuknya dapat gulung tikar.

Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah bagi sektor ekonomi untuk mengatasi permasalahan usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia. Lantas kira kira apa yang menjadi solusi dalam mengatasi masalah UMKM tersebut?

Masalah dan Solusi UMKM

Sebelum membahas mengenai solusi yang dapat diterapkan oleh para UMKM agar dapat memajukan usaha maka sudah sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang menjadi masalah yang dihadapi oleh para UMKM.

Kurangnya Modal Usaha

Masalah pertama yang kerap kali dihadapi oleh para UMKM adalah masalah modal. Modal yang pas pasan akan membuat banyak pelaku UMKM harus menunggu produk habis terjual agar dapat kembali menyuplai atau menyetok barang.

Hal ini tentu menjadi penghambat dalam melakukan perputaran uang sehingga proses pertumbuhan bisnis akan terhambat.

Solusinya, anda dapat melakukan pinjaman modal dari sistem penggalangan dana yang dihadirkan oleh teknologi finansial (fintech). Penggalangan dana ini dikenal dengan istilah crowdfunding.

Atau, kamu juga meminta bantuan UMKM dengan mendaftarkan UMKM kamu terlebih dahulu sebagai salah satu syarat wajib. Bantuan UMKM sendiri adalah bantuan langsung tunai (BLT) untuk UMKM yang disalurkan pemerintah melalui dua kementerian yakni Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Sosial.

Kurangnya Pengetahuan Tentang Cara Mengembangkan Usaha

Kebanyakan para pelaku usaha mikro, kecil atau menengah tidak memiliki cukup pengetahuan mengenai cara mengembangkan bisnis. Mereka biasanya hanya terfokus pada proses produksi saja tanpa meningkatkan kualitas produk.

Solusi untuk hal ini yaitu anda dapat mempelajari dan menambah wawasan terkait bagaimana cara mengembangkan usaha. Anda dapat berdiskusi dengan para pengusaha yang lebih dulu sukses agar apat meniru strategi dan trik dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Tidak Ada Inovasi Produk

Masalah lain yang kerap kali dihadapi oleh para pelaku usaha UMKM adalah minimnya inovasi produk. Padahal inovasi produk dapat membantu anda dalam mempertahankan pasar dan tidak akan mudah tergeser oleh pelaku bisnis lainnya.

Maka dari itu, cobalah untuk meningkatkan kualitas bahan, finishing produk, dan kemasan. Cobalah untuk memantau tren terkini agar anda mampu menciptakan inovasi yang sesuai dengan trend yang sedang berlaku saat ini, sehingga anda mampu memenuhi apa yang dibutuhkan para pelanggan.

Kurang Memahami Pemasaran Digital

Kurangnya pemahaman mengenai pemasaran digital menjadi salah satu masalah yang saat ini sedang banyak dialami oleh para pelaku UMKM. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hampir seluruh pelanggan atau calon customer lebih mengacu dalam sistem belanja online, sehingga bisnis yang masih mengandalkan pemasaran offline mengalami penurunan pelanggan.

Untuk mengatasi masalah ini, para UMKM bisa mengikuti webinar online, ikut komunitas bisnis, atau bisa juga dengan mempelajari strategi online dengan memperbanyak browsing media internet.

Sekiranya itulah beberapa masalah dan solusi yang dapat diterapkan para pelaku UMKM agar dapat mempertahankan dan mengembangkan bisnis di zaman sekarang ini.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here