29.5 C
Jakarta
Friday, 2 December 2022

Keutamaan Bulan Rabiul Akhir dan Amalan yang Dianjurkan

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

Tahukah Anda keutamaan bulan Rabiul Akhir beserta amalan yang dianjurkan pada waktu tersebut? Sebagaimana bulan lainnya dalam kalender tahun Hijriah, Rabiul Akhir juga memiliki keutamaan khusus menurut ajaran agama Islam.

Apalagi, bulan ini akan segera tiba, tepatnya pada tanggal 27 Oktober 2022 mendatang. Menurut kalender Islam, Rabiul Akhir berada pada urutan keempat, tepatnya setelah Rabiul Awal dan sebelum Jumadil Awal.

Untuk menyambutnya, penting bagi setiap umat muslim untuk mengenal apa saja keutamaan dari masa ini. Hal ini agar setiap umat muslim dapat beribadah secara maksimal demi memperoleh berkah bulan tersebut.

Mengenal Keutamaan Bulan Rabiul Akhir dalam Sejarah Agama Islam

Tahukah Anda bagaimana asal-usul penamaan bulan Rabiul Akhir menurut penanggalan kalender Hijriah? Menurut sejarah, diketahui penamaan ini merupakan penanda musim mekarnya bunga dan tumbuh tumbuhan (musim semi) area Timur Tengah.

Pada masa itu, bunga-bunga akan tumbuh bermekaran, tanaman tubuh dengan subur, serta pepohonan berbuah lebat. Karena musim semi ini berlangsung selama 2 bulan, maka disebut dengan Rabiul Awal dan Akhir.

Sebagai bagian dari keutamaan bulan Rabiul Akhir, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui apa saja peristiwa penting yang terjadi di masa ini. Menurut cerita sejarah Islam, berikut beberapa di antaranya:

  1. Diturunkannya surah Al-Hasyr (Pengusiran), yaitu surah ke-59 dalam Al-Qur’an yang menjelaskan mengenai kasus Bani Nadhir (suatu kabilah dan perkampungan dari kaum Yahudi) yang diusir dari Madinah karena tipu muslihatnya.
  2. Terjadinya pengkhianatan dan percobaan pembunuhan Rasulullah SAW serta para sahabat oleh Bani Nadhir.
  3. Terjadinya perang Al-Ghabah dan A-Ghamar, terjadi pada tahun ke-6 Hijriyah serta dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW.
  4. Terjadinya perang Damsyik di masa pemerintahan Abu Bakar Shiddiq pada tahun 14 Hijriyah.
  5. Terjadinya perang Jamal (Unta Betina) yang dipimpin oleh Aisyah pada tahun 36 H/656 di sekitar Bashrah untuk membalas pembunuhan Utsman bin Affan.

Dari rincian di atas, jelas bahwa Rabiul Akhir memiliki berbagai keutamaan khusus dalam hal sejarah penting agama Islam. Apalagi, pada bulan inilah Rasulullah SAW memperoleh ilham terkait pengkhianatan Bani Nadhir.

Tidak hanya itu, di masa ini pula Rasulullah SAW melakukan perang atas Bani Nadhir serta menerima firman Allah dalam surah Al-Hasyr. Jadi, masa ini merupakan pengingat bagi setiap umat muslim.

Berbagai Amalan yang Dianjurkan bagi Umat Muslim di Bulan Rabiul Akhir

Selain menjadi waktu terjadinya peristiwa-peristiwa penting di atas, keutamaan bulan Rabiul Akhir juga terletak pada berbagai amalannya. Berikut adalah beberapa amalan yang memiliki banyak keutamaan jika dilaksanakan di Rabiul Akhir.

1. Sedekah

Berdasarkan sejarah di atas, diketahui bahwa masa ini merupakan waktu di mana umat Islam memperoleh kemenangan atas beberapa perang. Karena itu, sebaiknya perbanyaklah sedekah kepada fakir miskin, anak yatim, dan lain-lain. Untuk berdonasi bisa melalui kanal Donasi Online Sahabat Yatim

2. Sholat Berjamaah

Sholat berjamaah memiliki berbagai keutamaan, termasuk di antaranya dapat menambah pahala kita sebanyak dua puluh tujuh derajat. Selain itu, dengan sholat berjamaah juga dapat meningkatkan sosialisasi serta solidaritas antar umat.

3. Membaca A-Qur’an

Pada dasarnya, setiap umat muslim dianjurkan untuk selalu mempelajari Al-Qur’an sebagai salah satu perintah Allah. Selain untuk memenuhi keutamaan bulan Rabiul Akhir, juga untuk memperoleh hikmah dan barokah firman Allah.

4. Tahajud

Jika biasanya Anda hanya melaksanakan sholat Tahajud di waktu-waktu tertentu atau saat merasa gundah, cobalah mulai melakukannya lebih intens. Selain meningkatkan kedamaian jiwa, Anda juga dapat memperoleh keselamatan dunia akhirat.

5. Berdzikir dan berdoa

Salah satu kunci keselamatan bagi umat Muslim ialah berdzikir pada segala kondisi. Begitupun dengan doa, terutama doa tolak bala untuk menghindarkan diri dari terjadinya bala/musibah terhadap keutamaan bulan Rabiul Akhir.

6. Puasa Ayyamul-Bidh

Amalan lainnya yang dianjurkan sebagai keutamaan pada Rabiul Akhir ialah puasa Ayyamul Bidh. Puasa ini memiliki keutamaan yang sangat besar, dan dilakukan pada tanggal 13, 14, serta 15 setiap bulannya.

Pada dasarnya, seluruh amalan yang baik sangat dianjurkan untuk terus dilakukan maupun ditingkatkan pada setiap waktu. Tidak terkecuali pada masa-masa Rabiul Akhir dengan berbagai keutamaannya.

Karena itu, jangan lupa untuk senantiasa memperbaiki diri dan meningkatkan ibadah pada Allah SWT. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh berbagai keutamaan bulan Rabiul Akhir beserta pahala yang besar sebagai ganjarannya.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here