29.5 C
Jakarta
Friday, 2 December 2022

Inilah 4 Tanda Hidupmu Penuh Berkah

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dalam bahasa Arab, berkah memiliki arti nikmat. Keberkahan dalam hidup merupakan suatu hal yang didambakan oleh setiap umat Muslim. Hidup yang berkah atau nikmat bukan tentang hidup yang dikelilingi oleh harta yang banyak, melainkan hidup yang berkah adalah hidup yang memperoleh limpahan kebaikan dan petunjuk dari Allah SWT.

Tanda Hidup Penuh Berkah

Ada beberapa tanda bahwa kehidupan seseorang penuh dengan berkah, dan salah satunya sebagai berikut.

1. Merasakan kerinduan kepada Allah SWT

Orang yang dalam keberkahan menyadari bahwa manusia tidak akan pernah memperoleh sesuatu tanpa adanya pertolongan dari Allah SWT. Mereka menyadari bahwa segala sesuatu yang mereka miliki saat ini, semata pemberian dari Allah.  Hal itu akan menciptakan kerinduan kepada-Nya.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS. Al-Anfal: 2-3)

2. Sabar menghadapi ujian

Orang yang telah diberkahi keberkahan di dalam hidupnya akan lebih mudah untuk bersabar dalam menghadapi segala ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung”. (QS. Ali Imran: 200)

3.  Istiqomah dalam kebaikan

Orang yang beristiqomah atau konsisten dalam kebaikan berarti ia akan terus memegang teguh perintah Allah dalam segala kondisi.

Orang yang hidupnya dalam keberkahan maka ia akan melaksanakan kebaikan secara konsisten sampai akhir hidupnya.

Allah SWT berfirman:

“Dan bagaimana kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya (Muhammad) pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh, dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus”. (QS. Ali Imran: 101)

4. Merasakan kenikmatan beramal saleh

Orang orang yang dapat merasakan kenikmatan dalam beribadah juga merupakan orang yang telah diberkahi hidupnya. Memang semua orang mampu melakukan perbuatan amal saleh, namun tidak semuanya dapat merasakan kenikmatan yang tekandung di dalamnya.

Allah SWT berfirman:

“Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam”. (QS: Al-An’am: 125)

Sedekah Sumber Keberkahan

Dalam Islam ada berbagai amalan yang dapat diamalkan untuk mendapatkan keberkahan, yang salah satunya adalah dengan cara sedekah.

Surat An-Nahl Ayat 97

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Arab latin: Man ‘amila ṣāliḥam min żakarin au unṡā wa huwa mu`minun fa lanuḥyiyannahụ ḥayātan ṭayyibah, wa lanajziyannahum ajrahum bi`aḥsani mā kānụ ya’malụn

Artinya: “Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here