30.1 C
Jakarta
Monday, 5 December 2022

Cara Daftar UMKM Online dan Syaratnya, Mudah!

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

Tidak hanya menjalankan bisnis, Anda harus mengetahui cara daftar UMKM online. Pendaftarannya cepat karena memanfaatkan fasilitas teknologi. Dengan mendaftarkan usaha, Anda akan mendapat kemudahan berupa bantuan dana.

Dengan melakukan pendaftaran usaha, maka bisnis Anda akan menerima banyak manfaat baik dari segi pengembangan maupun hukum. Karena bisnis yang terdaftar akan mendapatkan payung hukum.

Untuk proses pengurusannya sendiri sudah berbasis online, sehingga proses birokrasinya dijamin tidak rumit. Hal ini bertujuan memudahkan pegiat bisnis yang ingin mendapatkan Surat Izin Usaha.

Macam-Macam Dokumen untuk Mendirikan UMKM

Sebelum mengetahui cara daftar UMKM online, sebaiknya Anda memahami sejumlah dokumen yang diperlukan. Hal ini dilakukan setelah menentukan jenis UMKM apa yang akan dijalani. Berikut berbagai contoh dokumen yang harus disiapkan:

  1. KTP

Umumnya, dalam kegiatan apapun KTP diperlukan sebagai bukti kesesuaian identitas. Terutama bila ingin membuka UMKM. Hal ini penting sekali untuk menunjukkan bahwa Anda adalah Warga Negara Indonesia.

  1. NPWP

NPWP membantu petugas pajak untuk melakukan identifikasi kewajiban pembayaran pajak bagi masyarakat. Di samping itu pegiat UMKM wajib memang diwajibkan membayar pajak. Bila belum punya, Anda bisa melakukan pendaftaran secara online.

  1. SKDU

Surat Keterangan Domisili Usaha diterbitkan kelurahan atau kecamatan domisili bisnis. Surat ini diperlukan karena memengaruhi cara daftar UMKM online yaitu guna memproses dokumen lain. Seperti SIUP, NPWP, atau surat pendukung lainnya.

  1. UD

Selanjutnya adalah mempersiapkan Izin Usaha Dagang. Namun apabila Anda belum memiliki dokumen ini, Anda dapat mengurusnya dengan mendatangi kantor Departemen Perindustrian dan Perdagangan kota setempat.

  1. SITU

Memiliki Surat Izin Tempat Usaha maka membuktikan legalitas bisnis yang dimiliki. Surat ini wajib dimiliki dan bila belum mengurusnya, Anda bisa mendatangi kantor Kecamatan atau Bupati kota domisili.

  1. SIUP

Syarat ini diperuntukkan bagi pelaku bisnis perdagangan kecil dan menengah sebagai bentuk legalitas bisnis. SIUP diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat, jadi bila ingin mengurusnya datangi kantor pelayanan perizinan sesuai domisili.

  1. Izin BPOM

Untuk pelaku bisnis yang diharuskan memiliki Izin BPOM sebaiknya segera mengurusnya. Surat ini berguna untuk membuktikan keamanan serta kelayakan suatu produk dari bahan-bahan berbahaya bagi konsumen.

Begini Syarat dan Cara Daftar UMKM Online

Seperti pendaftaran pada umumnya, untuk daftar UMKM online memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi pegiat bisnis. Jadi saat mendaftar online, sebaiknya Anda menyiapkan dokumen sebagai berikut ini :

  1. Fotokopi kartu identitas (KTP) atau asli
  2. Fotokopi Kartu Keluarga atau asli
  3. Nomor Induk Berusaha atau NIB
  4. Foto bisnis UMKM milik Anda
  5. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dari Koperasi setempat
  6. Bukti kepemilikan UMKM berupa Surat Keterangan Usaha, Nomor Induk Berusaha, serta Izin Usaha Mikro dan Kecil.

Setelah semua persyaratan sudah dipenuhi, selanjutnya masuk ke tahap cara daftar UMKM online. Pemerintah menyediakan situs online guna memudahkan pendaftaran, nama situsnya Online Single Submition (OSS). Berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda coba:

  • Masuk ke situs website resmi OSS yaitu oss.go.id
  • Pada pojok kanan atas layar, kilk “Masuk”
  • Kemudian login bagi yang sudah memiliki akun
  • Bila belum memiliki akun, lakukan registrasi lebih dulu
  • Lengkapi data yang diperlukan seperti data diri pelaku usaha, data bidang usaha, detail bidang usaha, dan data produk/jasa bisnis
  • Kemudian cek kembali data yang sudah dilengkapi, kemudian lengkapi dokumen persetujuan lingkungan untuk bisnis tertentu
  • Centang Pernyataan Mandiri
  • Periksa lagi draft Perizinan Usaha
  • Selesai dan tunggu perizinan terbit

Ikuti cara daftar UMKM online di atas agar tidak salah langkah. Untuk UMKM skala kecil, mengisi formulir komitmen prasarana bisnis bisa mengajukan izin lokasi. Namun diperlukan persyaratan lain untuk melengkapinya.

Bila tempat usaha berbeda dengan alamat domisili tinggal, maka Anda wajib melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) yang dikeluarkan kelurahan. Nantinya akan disahkan oleh kantor kecamatan sebagai syarat saat mengajukan bantuan.

Bagi yang baru memulai bisnis UMKM, bisa melakukan sederet cara di atas. Periksa kembali persyaratannya agar tidak perlu mengulangi. Manfaatkan fasilitas online supaya cara daftar UMKM online jadi lebih efektif.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here